Sepatu Lokal "Merajai" Indonesia
Sepatu Lokal
Merajai Indonesia
Banyak
sebagian orang membeli sepatu brand internasional seperti Nike, Adidas,
Diadora, Reebok, dan banyak
lagi. Alasan yang paling utama adalah karena
brand sepatu tersebut memang memiliki kualitas yang sangat bagus, baik dari
segi desain, tahan lama, dan yang pasti gengsi yang tinggi. Sudah tidk ragukan
lagi kualitas dari brand sepatu interrnasional tersebut.
Meskipun ada beberapa brand sepatu lokal yang turut meramaikan industri persepatuan di Indonesia
dan sudah ada, mulai yang sudah sejak dulu, sampai
yang baru saat ini. Namun, masih
saja terpinggirkan oleh
brand sepatu interrnasional
dengan alasan perbedaan kualitas dan gengsi. Brand sepatu lokal juga dipandang sebelah mata karena
alasan tersebut.
Namun, akhir-akhir ini Brand sepatu lokal mulai
berrjaya kembali dan merajai industri pesepatuan di Indonesia. Presiden
kita pun juga mengenakan
brand sepatu lokal dan menghimbau kepada masyarakat Indonesia untuk mencintai produk-produk
Indonesia. Para Influencer juga mulai mengkampanyekan untuk mencintai produk-produk Indonesia dan salah satunya
adalah brand sepatu lokal.
Dr.
Tirta atau biasa dipanggil “Cipeng” ini adalah
salah satu Influencer
yang mengkampanyekan untuk
mencintai produk lokal dengan cara
me-review dan mengenakan
brand sepatu lokal. Tidak hanya Cipeng
yang berkontribusi untuk menaikan pamor brand sepatu lokal, namun
ada beberapa Influencer lain yang turut
serta dalam kampanye tersebut seeing brand sepatu lokal kini
telah menjadi besar dan merajai.
Peran media-media baik media online, media cetak, bahkan media televisi juga turut membesearkan brand sepatu lokal. Para pelaku usaha seperti
Reseller juga ikut
menaikan citra brand sepatu lokal dengan
menjualnya di toko ataupun online shop mereka. Hasilnya, brand speatu lokal yang mereka jual lebih laku
terjual daripada brand sepatu internasional kerena maraknya brand sepatu lokal.
Safri Anas adalah owner Cold
Water Surabaya. Cold Water merupakan online shop atau reseller sepatu sejak tahun
2019. Sepatu yang dijual mulai
dari brand sepatu internasional dan brand sepatu internasional. Walaupun diusianya yang masih muda, namun dia
sudah mulai berani berkecimbung didunia bisnis jual beli sepatu
yang menguntungkan. Untuk sementara ini hanya
berjualan di media sosial
Instagram dengan nama akun coldwater.sub.
Menurutnya,
“ya bagus, produk Indoensia sudah mulai naik, masyarakat Indoensia sudah berpikir produk lokal juga engga kalah sama
produk luar”. Owner Cold Water tersebut sangat mendukung produk-produk lokal Indonesia
yang sudah mulai mendominasi. Maraknya persepatuan lokal di Indenesia saat ini, banyak reseller dan jasa consignment yang berbondong-bondong untuk menjual berdagang
sepatu-sepatu lokal.
Safrie
juga mengaku, kalau penjualan sepatunya yang laku dan cepat terjual adalah brand sepatu lokal, ”Kenapa brand sepatu lokal penjualnnya cepat itu, karena
orang-orang sudah mulai mencari sepatu lokal murah berkualitas”.
Itu membuktikan bahwa brand sepatu lokal memang sudah
mengalami perrkembang yang sangat pesat. “ Masih cepat penjualannya sepatu lokal, bahkan
sepatu luar kayak vans itu malah berkurang,
sudah mulai pindah ke sepatu
lokal semua seiring banyaknya sepatu-sepatu lokal yang bermunculan dan naik terus,
lama-lama sepatu lokal bakalan merajai Indonesia sendiri”,
Dia juga menambahkan “jadi orang-orang
Indonesia sudah mulai sadar kalau epatu lokal
produk Indonesia itu bagus-bagus, ditambah banyak para Influencer juga ikut menggoreng (mengkampanyekan) sana sini, review juga yang membuat sepatu lokal naik pamornya”. Hal terrsebut telah membuktikan bahwa memang maraknya sepatu-sepatu lokal dan sudah saatnya produk
asli Indonesia mulai berrjaya di negaranya sendiri.
![]() |
| Ditulis Oleh Daddy Prinjani 17043010032 |


Comments
Post a Comment